Minggu, 22 September 2013



MENGENAL LEBIH JAUH
KIM NAWALA KEC. TEMPEH KAB. LUMAJANG

Bagi sebagian orang, mendengar kata KIM atau Kelompok Informasi Masyarakat maka yang terbersit dalam fikiran adalah munculnya kenangan lama yaitu Kelompencapir atau Kelompok Pendengar, Pembaca dan Pemirsa yang pernah berkibar tatkala Departemen Penerangan masih diberlakukan.
Tidak salah memang,  namun ketika diperhatikan lebih teliti maka nampak jelas bedanya antara KIM  atau  Kelompok Informasi Masyarakat dengan Kelompencapir.
Dalam Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM ), pengurus dan anggota KIM tidak saja dituntut untuk menghimpun informasi, tetapi juga mengolah informasi dengan konfirmasi pada sumber berita serta menyebarkan secara jelas dan akurat kepada publik. Sehingga informasi yang berkembang dapat dijadikan sebagai referensi dalam membangun komunikasi baik antara masyarakat dengan Pemerintah maupun antar masyarakat dengan lembaga dan instansi lain yang berkaitan.
Menyadari tentang arti penting nya sebuah informasi untuk membangun komunikasi aktif, maka KIM Nawala Kec. Tempeh berusaha menyerap informasi positif yang berkembang di kec. Tempeh untuk kemudian dikonfirmasikan serta didokumentasikan, dan kemudian disampaikan kepada fihak fihak terkait  sehingga derap pembangunan di berbagai bidang dapat terus berjalan sesuai dengan perkembangan jaman.

Sosok KIM Nawala Kec. Tempeh
Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM ) dengan nama Nawala yang berkedudukan di Kec, Tempeh Kab. Lumajang, dibentuk dan didirikan berdasarkan kepentingan dan kebutuhan terhadap informasi yang akurat dan dapat dipercaya. Banyak potensi Sumberdaya alam maupun Sumberdaya Manusia di Kecamatan Tempeh yang belum dikenal oleh masyarakat Lumajang bahkan oleh masyarakat di kec Tempeh sendiri, sehingga KIM Nawala berinisiatif untuk menggali dan mengolah informasi tentang SDA dan SDM di Kec Tempeh dan menyebarkan potensi potensi tersebut dengan berbagai cara dan teknik, dan salah satu cara yaitu dengan mengunggah pada blogspot.

KIM Nawala Kec. Tempeh diawaki dengan 13 ( tigabelas) orang personil yang memiliki komitmen yang sama, yakni berupaya untuk lebih menjadi jembatan penghubung antara Pemerintah dan Masyarakat,  antar masyarakat dan masyarakat lainnya dengan berbagai kepentingan positif. Salah satu yang dapat dicontohkan disini adalah, bahwa anggota KIM Nawala memiliki potensi dan menguasai teknologi tepat guna. Diantaranya adalah Teknologi Water Treathment yang menghasilkan air minum hexagonal, Teknik membatik, Teknologi Pengolahan hasil usaha tani, Teknologi pengolahan limbah industri maupun sampah pasar, Teknologi peleburan logam dasar dan masih banyak teknologi lain yang dikuasai dengan baik. Dari sekian banyak teknologi yang dikuasai, semua pelakunya bukan orang lain tetapi pelakunya adalah pengurus KIM Nawala Kec. Tempeh.

Oleh karena itu, KIM Nawala senantiasa berupaya untuk menyebar luaskan kemampuan teknologi ini dengan cara sosialisasi, penyuluhan maupun dengan cara pelatihan non formal. Diharapkan, masyarakat Tempeh setelah mampu menyerap teknologi dengan baik, dapat memanfaatkan teknologi tersebut bagi terbentuknya usaha usaha baru, sehingga terjadi pergerakan ekonomi bagi kesejahteraan masyarakat dan keluarganya.

( Dokumentasi KIM Nawala Kec. Tempeh )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar