Selasa, 10 September 2013

Rumah Baca Masyarakat Tunas Bangsa



 

RUMAH BACA MASYARAKAT
TUNAS BANGSA
Dusun Pemukiman  Desa Pandanwangi Kecamatan Tempeh
Kabupaten Lumajang 67371

RUMAH BACA DESA TUNAS BANGSA
Dusun Pemukiman Desa Pandawangi  
Kecamatan Tempeh   Kabupaten Lumajang

I.           PENDAHULUAN
Pembangunan ekonomi yang dipadukan dengan pembangunan Infrastruktur  tentu akan bermuara pada peningkatan kwalitas sumber daya manusia secara umum. Peningkatan SDM yang berhasil akan membuahkan terlahirnya potensi potensi bangsa yang mumpuni sehingga mampu mewujudkan pembangunan di segala bidang kehidupan.
Bahwa Rumah Baca Desa Tunas Bangsa adalah sebagai bagian kecil dalam usaha mencerdaskan anak bangsa melalui penyediaan buku buku bacaan ringan, teknologi, keagamaan, pendidikan, olahraga dan buku buku lain nya.
Menyadari arti pentingnya rumah baca sebagai tempat dan sarana menimba ilmu pengetahuan, maka keberadaan Rumah Baca Desa harus segera diwujudkan meskipun dalam tataran dan ukuran yang kecil. Oleh karena sifat Rumah Baca sebagai salah satu sumber ilmu pengetahuan, maka penempatannya di tempatkan pada area dunia pendidikan, yaitu dekat dengan Sekolah Dasar, Dekat dengan Sekolah PAUD dan menyatu dengan Posyandu Tunas Harapan.  Penempatan Rumah Baca Desa yang disatukan dengan Posyandu, diharapkan Rumah Baca dapat berperan memberikan informasi pendidikan anak pada masyarakat yang memiliki putra putri balita melalui koleksi buku buku  yang dimiliki Rumah Baca Desa Tunas Bangsa.
Seringkali terjadi karena keterbatasan, Rumah baca Desa Tunas Bangsa harus bergantian tempat, merobah tatanan buku buku agar bisa digunakan sebagai tempat pelayanan untuk Posyandu atau kegiatan lainnya.
II.          DASAR PEMIKIRAN
1.    Rumah Baca Tunas Bangsa, adalah sebagai salah satu tempat untuk menimba ilmu pengetahuan bagi seluruh lapisan masyarakat dan pelajar, sehingga diperlukan tempat yang cukup memadai dan layak untuk membaca, mendengar dan melihat. Dengan adanya tempat yang nyaman dan cukup memadai diharapkan masyarakat dan pelajar dapat membaca, mendengar dan melihat sajian informasi ilmu pengetahuan dengan leluasa

2.    Dusun Pemukiman ABRI Desa Pandanwangi, sebagai tempat dimana telah berdiri Rumah Baca Desa Tunas Bangsa, memiliki tingkat kebutuhan terhadap buku buku maupun informasi ilmu pengetahuan sangat tinggi
      Hal tersebut dibuktikan dengan adanya Sekolah Pendidik Anak Usia Dini, Taman Kanak Kanak, Sekolah Dasar, dan Madrasah serta pendidikan non formal lainnya.

III.        SPIRIT PENDIRIAN RUMAH BACA
1.    Tumbuhnya minat baca para pelajar sekolah dasar, masyarakat Dusun Pemukiman, Kalangan Pemuda dan Masyarakat Petani  terhadap buku buku yang berkaitan dengan kepentingannya.

2.    Adanya bantuan Buku buku dan alat peralatan  dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Pemkab. Lumajang, Bantuan buku buku dari warga masyarakat Dusun Pemukiman, serta hibah buku buku dari kawan, kerabat, dan teman teman yang peduli terhadap kemajuan anak bangsa.

3.    Adanya lahan yang ditempati Rumah baca dan Posyandu dan luasan lahan memungkinkan apabila dilakukan perluasan gedung maupun untuk kegiatan pembelajaran di alam..

4.    Menilik minat membaca, mendengar dan melihat yang meningkat dari masyarakat dan pelajar, sehingga perlu respon positif dengan segera mendirikan rumah baca masyarakat desa.


IV.        MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dari didirikannya rumah baca masyarakat desa Tunas Bangsa ini adalah, dalam rangka turut serta mencerdaskan anak bangsa melalui buku bacaan. Mengingat buku adalah sebagai sarana untuk menimba ilmu pengetahuan, dan buku juga merupakan cendela informasi dunia.
Tujuan pendirian rumah baca masyarakat desa Tunas Bangsa ini adalah :
~                        sebagai wahana menimba ilmu pengetahuan umum
~                        sebagai tempat berdiskusi dan konsultasi tentang teknologi tepatguna
~                        Sebagai sarana tempat pelatihan non formal bagi masyarakat desa
~                        Sebagi sumber literatur bagi kegiatan penelitian atau kegiatan lainnya.

V.         PERAN PENTING RUMAH BACA
Rumah Baca Desa Tunas Bangsa, yang saat ini ada merupakan salah satu Rumah Baca yang ada di Kabupaten Lumajang, dan bertempat di Dusun Pemukiman ABRI  yang pengelolaannya dipercayakan kepada warga masyarakat desa Pandanwangi bersama Komponen masyarakat lainnya. Rumah Baca Tunas Bangsa telah mengikuti lomba Rumah Baca untuk tingkat Kabupaten Lumajang, mewakili Kecamatan Tempeh, dan berhasil meraih peringkat pertama se Kabupaten Lumajang.  Dan pada saat ini Rumah Baca Tunas Bangsa telah ditunjuk untuk mengikuti Lomba Rumah Baca di Tingkat Provinsi Jawa Timur, yang pelaksanaannya direncanakan pada bulan September 2013.

Rumah Baca Desa Tunas Bangsa, memiliki peran penting dalam upaya mencerdaskan masyarakat khususnya masyarakat pedesaan, dengan kemampuan yang ada personil rumah baca berusaha menjabarkan tentang berbagai ilmu pengetahuan, tentu dengan segala keterbatasannya.
Juga Rumah Baca Desa Tunas Bangsa , telah bekerja sama dengan sekolah sekolah yang ada dan lembaga pendidikan non formal lainnya, untuk berperan sebagai penyedia pustaka dalam bentuk buku buku, layanan internet dan informasi lainnya yang berkaitan dengan penyebar luasan informasi.

Sehubungan dengan hal tersebut, pengurus Rumah Baca Tunas Bangsa Desa Pandanwangi, berusaha semaksimal mungkin untuk melaksanakan yang terbaik, agar dapat menjadikan Dusun Pemukiman ABRI Desa Pandanwangi  Kecamatan Tempeh  Kabupaten Lumajang, menjadi lebih dikenal di Provinsi Jawa Timur pada khususnya dan Tingkat Nasional secara umum.

VI.        HASIL BACA, DENGAR DAN LIHAT
Hasil dari membaca, mendengar dan melihat di Rumah Baca Desa Tunas Bangsa Dusun pemukiman ABRI desa Pandanwangi adalah perwujudan dalam hal teknolog tepat guna, ekonomi produktif, dan lain lainnya , diantaranya :
No
Materi
Hasil Olahan
Penggunaan
1
Pembuatan Reaktor Biogas
1.Energy Biogas
Rumah tangga
.

2.Pupuk Organik
Media tanam dan bahan pupuk organik
2
Pembuatan usaha makanan
1. Cattering
Pesanan


2. Kue kering
Penjualan di toko
3
Uji coba Metalurgi
1. Sponge Iron
Industri Kecil


2. Pig Iron
Industri Peleburan
4
Unit Pirolysis
1. Arang tempurung
Sumber energi


2. Carbon Aktif
Penjernih air


3. Liquid Smoke
Industri Chemical
Industri makanan


3. Asap Jelaga
Pestisida
5
Mikro organism
1.Fermentor
Pengolahan pupuk, limbah industri, pertanian



VII.         LOKASI RUMAH BACA TUNAS BANGSA
Lokasi berdirinya Rumah Baca Masyarakat Desa Tunas Bangsa terletak di Jalan Chureng No. 120 Dusun Pemukiman, Desa Pandanwangi  Kecamatan Tempeh  Kabupaten Lumajang.  Dan pada lokasi berdirinya Rumah Baca Desa Tunas Bangsa berdekatan dan berhubungan langsung dengan :
1.    Sekolah Taman kanak kanak
2.    Pendidikan Anak Usia Dini
3.    Sekolah Dasar Pandanwangi 04
4.    Menyatu  dengan Posyandu Tunas Harapan
5.    Akses langsung dengan kegiatan masyarakat Desa
6.    Terletak didalam lingkungan Warga Pemukiman Purnawirawan TNI AU
Dengan ditempatkan pada satu tempat yang komplek, maka faktor kendala teknis dapat segera diatasi karena kedekatan lokasi.

VIII.     PENGURUS RUMAH BACA TUNAS BANGSA
Pelaksanaan renovasi dikerjakan oleh tenaga tukang yang dikendalikan langsung oleh pengurus Rumah Baca Desa Tunas Bangsa Desa Pandanwangi yaitu :

No
Nama
Jabatan
Keterangan
1
Ir. Yuli Astuti
Ketua  RBM

2
Effi Sri Indrawati
Sekretaris

3
Hariyati
Bendahara


IX.        DAMPAK SOSIAL
Dampak sosial ekonomi yang diperkirakan dapat menimbulkan sebuah harapan untuk dapat lebih besar dan nyaman dalam mengakses ilmu pengetahuan, baik untuk diri sendiri, anak, cucu, kerabat dan semua lapisan masyarakat Desa Pandanwangi. Dan harapan terbesar adalah dengan penyerapan ilmu pengetahuan di Rumah Baca Dapat bermanfaat untuk kegiatan Usahanya, Ekonominya, dan bermanfaat bagi kwalitas belajar anak anak usia sekolah.
X.         PENUTUP
Demikian informasi tentang Rumah Baca Masyarakat Desa Tunas Bangsa ini disampaikan, dengan harapan untuk dapat menginformasikan tentang keberadaan maksud dan tujuan Rumah Baca Masyarakat Desa Tunas Bangsa.
                                                                Lumajang,  10     September  2013
                                                                                         Pengurus
                                                                    Rumah Baca Desa Tunas Bangsa
                                                              Dusun Pemukiman  Desa Pandanwangi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar